Bagaimana Cara Mendekorasi Ruang Makan agar Kelihatan Mewah dan Elegan

Dalam sebuah rumah yang bagus, eksistensi ruang makan menjadi suatu kewajiban, bagus ukurannya besar atau kecil, ruang yang terpisah secara khusus dari ruang lainnya, atau disatukan fungsinya dengan dapur. Ruang makan menjadi sarana ‘pemersatu’ keluarga. Di ruang makan, member keluarga dapat berkumpul dan beramah-tamah bersama. Pun, dapat jadi ruang makan merupakan satu-satunya ruang daerah keluarga berkumpul di tengah aktivitas masing-masing.


Inilah sebabnya, desain ruang meja makan mewah tak dapat dianggap remeh. Tiap-tiap unsur yang menyusun dan mendekorasi ruang makan seharusnya kapabel menampung dan mengapresiasi keperluan segala member keluarga. Kenyamanan, kebersamaan, dan aliran ruang yang nyaman menjadi unsur penting yang seharusnya diikutsertakan.

Lalu, bagaimana sistem mendekorasi ruang makan supaya terlihat mewah dan elegan; cukup mewah dan elegan untuk membikin member keluarga gigih untuk berkumpul makan bersama di tengah kesibukannya; juga cukup mewah dan elegan untuk menjamu kerabat maupun tetamu bisnis sehingga terjalin kebersamaan dan kelancaran bisnis? Peroleh jawabannya dalam tulisan ini!

1. Meja makan besar dari kayu utuh sebagai ‘primadona’ di ruang makan


Kesan mewah dan elegan pada ruang makan Rumah Tinggal Brawijaya dan Omah Kawung at Jagakarsa diperoleh dari meja makan berukuran besar yang terbuat dari kayu utuh. Meja makan ala ‘viking’ seperti ini dapat menunjukkan kemewahan sebab untuk membuatnya umumnya memerlukan kayu dari pohon besar berusia puluhan malahan ratusan tahun. Tampilan masif mengekspos kekokohan dan ‘kehebatannya’ untuk menjamu banyak orang. Karakter guratan kayu yang merekat juga memperkuat posisinya sebagai primadona di ruang makan.

2. Lampu di atas meja makan


Chandelier klasik di atas meja makan di Rumah Tinggal Brawijaya menjadi unsur yang mempertegas kesan mewah dan elegan.Lampu menyerupai lilin di dalam gelas yang diletakkan di atas tatakan papan kayu yang digantung di atas meja makan Omah Kawung at Jagakarsa menunjukkan kesederhanaan yang elegan sambil konsisten mengedepankan faktor tradisional modern sebagai konsep utama.  Lampu di atas meja makan juga menjadi penegas ‘batas’ posisi zona meja makan, memperkuatnya sebagai focal point di ruang makan.

3. Desain dan mendetail langit-langit ruang makan


Desain dan mendetail langit-langit berhiaskan ukiran kayu di atas meja makan Omah Kawung at Jagakarsa dengan telak mendaulat ruang makan menjadi berkesan mewah dan elegan.  Format langit-langit   segitiga hal yang demikian mencontoh atappelana yang menaungi  Rumah Tinggal Brawijaya dan Rumah Tinggal di Hang Tuah. Desain langit-langit seperti ini tak cuma jujur mengekpos struktur, namun sekalian menyusun volume ruang makan secara khusus.

4. Tata lampu yang penuh kehangatan


Bukan cuma tipe dan figur lampu yang secara signifikan berimbas kepada suasana di ruang makan, alternatif warna lampu malah akan menghasilkan suasana yang berbeda. Rumah Tinggal Brawijaya menggunakan warna lampu putih untuk memancarkan estetika chandelier di tengah-tengah ruang makan yang didominasi warna cokelat dari kayu pada keseluruhan langit-langit, meja dan bangku makan, serta dinding berukirnya. Omah Kawung at Jagakarsa menemaramkan lampu ‘lilinnya’ yang berwarna kuning dalam rumah-rumah lampu menyerupai gelas dari kaca buram berpola. Dengan unik, Rumah Tinggal di Hang Tuah memanfaatkan kaca buram berpola untuk memberikan sinar kuning jelas, tetapi tak menyilaukan.

5. Perpaduan warna hitam, putih dan cokelat

6. Mewah dan elegan dengan arsitektur klasik tradisional


membatasi segala komponennya secara sistematis dan harmonis layak konsep ‘Omah’ Jawa yang sukses mengikuti keadaan harmonis dengan alam dan menyeimbangkan kehidupan dengan aura positif. Kedekatan dan kehangatan alam menjadi karakter utamanya. Itulah sebabnya, desain tiap-tiap ruang termasuk ruang makannya menggunakan prinsip ‘Sumarah’ untuk menghasilkan suasana yang nyaman melewati penyatuan dengan unsur-unsur alam dan kebiasaan.  Kayu jati yang dimanfaatkan dalam hampir keseluruhan unsur bangunan memperkuat dan memperkaya kemewahan faktor tradisional yang telah sarat makna.

Tak perlu material yang mahal untuk mendekorasi ruang makan supaya terlihat mewah dan elegan.  penting merupakan sistem pengolahan material-material yang ada dengan terprogram  sehingga bernilai seni tinggi, tampil mewah dan elegan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mendekorasi Kamar Anak Agar Mandiri dan Berani Tidur Sendiri

Jasa Sewa Bus Pariwisata Di Kudus Murah Kualitas Terbaik